Menambahkan Website ke Google Search Console Dan Submit Peta Situs, Begini Caranya!

Sebagai seorang blogger tentunya kalian juga perlu memahami cara dan langkah untuk menjadikan web atau blog kita bisa terindeks oleh goolge ya, mungkin bagi para mastah hal ini sudah di luar kepala ya ,akan tetapi berbeda cerita jika kamu seorang pemula yang ingin terjun di dunia blogger. kalian harus mengerti step bay step bermian blogger itu sendiri . tetapi di artikel ini saya tidaknakan membahas step bay stepnya ya temen temen.

Di sini saya akan membahas salah satu hal wajib yang harus kamu bisa sebagai seorang blogger pemula untuk mendaftarkan situs blog/ web kalian agar terindexs google. Nah lalu bagaimana caranya ? Caranya kalian harus mendaftarkan web /blog kalian ke webmastertools atau Google search console. di mana layanan dari google ini gratis lo, serta masi banyak lagi manfaatnya yang nati akan saya bahas  ya.

Nah lalu apa si sebenarnya google search console ?

Google search console sendiri adalah sebuah layanan gratis yang di sediakan oleh google untuk para pemilik web agar bisa mengidentifikasi peforma websitenya , serta dapat pula memantau status indeks pada website.

Apa manfaat yang kita dapat setelah mendaftar ke google search console ? 
 - Informasi Back Link
 fitur link to your site akan memudahkan anda untuk mengidentifikasi mana saja website yang telah menyumbang back link ke situs kalian.

- Identifikasi link rusak/ broken link 
 ya selain itu google search console juga dapat di gunakan sebagai identifikasi broken link atau link rusak pada website kita. sehingga kita dapat langsung dapat memperbaiki mana saja broken link yang ada pada website kita.

- Melakukan submit sitemap
Ya sitemap sendiri berfungsi membantu google mengidentifikasi website kalian lebih cepat dalam melakukan Crawl di website kita.dan tentunya masih banyak lagi ya kegunaan  dari google search console ini.

Bagaimana cara untuk melakukan Menambahkan Website ke Google Search Console Dan Submit Peta Situs ?

Oke temen temen, di sini saya akan memberikan tutorialnya Menambahkan Website ke Google Search Console Dan Submit Peta Situs juga ya. berikut cara nya :

1. Masuk ke halaman google ketik saja di google, ( webmaster tools/ google search console ), lalu kalian bisa klik  Google Search Console, maka kalian akan di bawa kehalaman seperti ini , dan klik Mulai Sekarang ya.

Goolge search Console atau Webmaster Tools
2. Setelah kalain klik mulai sekarang kalian akan di bawa lagi kehalaman ini, dan di sini kalian bisa masukan domain/ alamat website kalian ya contoh ,www.belajar01dotcom. setelah itu klik Terus - buka property - mulai.

 

3. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman dasbor Google search console lalu cari Menu 1.Peta situs dan klik. lalu kalian bisa masukan 2.sitemap xml , yang seperti saya contohkan di gambar ya. dan jika sudah 3. klik kirim

Webmaster Tools


4.Pastikan sebelum mendaftar ke Google Search Console website kalian harus sudah memiliki artikel ya minim satu atau dua , kalau tidak maka akan terjadi eror di bagian statusnya oke.

Nah mungkin itu saja cara untuk Menambahkan Website ke Google Search Console Dan Submit Peta Situs ya temen temen. semoga dengan kalian membaca dan memahaminya kalian mendapatkan informasi yang mudah mudahan bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon